Rabu, 03 Oktober 2012

Apakah Etika Kepegawaian ?



            Etika merupakan tata cara berhubungan dengan manusia lainnya. Khusus    untuk dunia perbankan masalah etika sangat perlu untuk diketahui dan         dijalankan. Nasabah yang datang ke bank sekalipun tanpa diundang       merupakan tamu penting, tamu kehormatan yang harus diberikan      pelayanan yang maksimal. Agar nasabah merasa dihargai, dihormati dan             diselesaikan masalahnya, setiap karyawan bank perlu memahami etika perbankan. Tanpa etika perbankan yang benar maka kemungkinan bank     akan kehilangan nasabahnya.

       Dalam praktiknya secara garis besar dasar-dasar dalam etika perbankan yang harus dijalankan oleh setiap karyawan adalah sebagai berikut:
            a. Ingin membantu setiap keinginan dan kebutuhan nasabah sampai tuntas.
            b. Selalu memberi perhatian terhadap permasalahan yang dihadapi nasabah.
            c. Sopan dan ramah dalam melayani nasabah tanpa melakukan diskriminasi dalam bentuk apapun.
            d. Memiliki rasa toleransi yang tinggi dalam menghadapi setiap tindak tanduk para nasabah.
            e. Menjaga perasaan nasabah agar tetap merasa tenang, nyaman dan menimbulkan kepercayaan.
            f. Dapat menahan emosi dari setiap kasus yang dihadapi terutama dalam melayani nasabah yang berprilaku kurang baik.
            g. Menyenangkan orang lain merupakan sikap yang harus selalu ditunjukkan oleh setiap karyawan bank.
        Sikap dan Perilaku
            Sikap dan perilaku merupakan bagian penting dalam etika perbankan.           Adapun sikap dan perilaku yang harus dijalankan oleh setiap pegawai bank     adalah jujur dalam bertindak dan bersikap, rajin, tepat waktu dan tidak pemalas, selalu murah senyum, lemah lembut dan ramah tamah, sopan santun tutur kata dan hormat, simpatik, bertanggung jawab dan suka menolong nasabah. Sikap melayani merupakan sikap utama dari seorang  pemasar  khususnya pegawai bank. Sebagai karyawan bank maka sudah             sepantasnya berlaku sopan dan baik kepada nasabah supaya nasabah    tersebut merasa senang dan akhirnya mempertahankan diri untuk tetap menjadi nasabah bank tersebut dan menjadi nasabah yang loyal yang  akhirnya dapat memberikan keuntungan yang besar bagi bank tersebut.
      Penampilan

            Dalam melayani nasabah, karyawan bank dituntut untuk berpenampilan  semenarik mungkin, karena penampilan adalah hal pertama yang dilihat oleh nasabah. Secara umum penampilan yang prima yang ditampilkan oleh  setiap pegawai bank adalah:
            a. Wajar maksudnya sikap dan tindakan setiap karyawan bank tidak dibuat- buat.
            b. Dalam hal berpakaian harus selalu rapi, serasi dan bersih, dan tidak menggunakan aksesoris dan make-up yang berlebihan.
            c. Selalu mengucapkan salam ketika bertemu atau berpisah dengan nasabah, termasuk ucapan terima kasih.
            d. Selalu bersikap optimis dan tidak pesimis serta tidak ragu-ragu dalam bertindak, sehingga mampu memberikan kepada nasabah atas layanan  yang diberikan.
            e. Berprilaku yang baik lincah, gesit, mudah bergaul, dan cepat tanggap  namun tidak over acting didepan nasabah atau tamu yang pada akhirnya  dapat membuat nasabah jengkel.
            f. Lemah lembut dan sopan santun dalam melayani tamu atau nasabah,  membuat nasabah merasa dihargai oleh karyawan bank.
            g. Selalu memberikan perhatian, tidak cuek dalam menghadapi tamu atau nasabah, dalam hal ini nasabah merasa memperoleh perhatian serius.
            h. Selalu suka membantu sehingga nasabah merasa ringan dalam  menghadapi urusannya.
      Cara Berpakaian
            Cara berpakaian merupakan salah satu bagian dari penampilan. Pakaian  menunjukkan kepribadian seseorang. Dalam hal memberikan pelayanan  cara berpakaian mendapat perhatian khusus.
            Dalam praktiknya cara berpakaian yang baik adalah menggunakan pakaian   dinas yang sudah ditentukan pada hari-hari tertentu, gunakan pakaian yang  necis dan rapi, gunakan tanda pengenal yang telah diwajibkan, gunakan sepatu dan kaus kaki yang serasi dengan pakaian dan tidak diperkenankan     memakai sendal dikantor, masukkan baju kedalam celana sehingga terlihat   rapi dan janganlah sesekali menggunakan baju yang kelua 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar